Oleh: Erna Febru Aries S. | 17 Juli 2010

Menilik Sekolah Islam Terpadu

Sekolah Islam Terpadu sebaiknya mengintegrasikan segala aspek yang akan menunjang tujuan dan memberikan berbagai kemampuan dasar yang lengkap dan menyeluruh kepada peserta didik. Keterpaduan tersebut meliputi :
• Nilai dan pesan, dalam arti bahwa setiap sudut pendidikan selalu dilihat dan dikemas berdasarkan ajaran Islam. Dengan demikian, pelajaran umum (ilmu alam, ilmu sosial, maupun ketrampilan) juga disampaikan dalam bingkai nilai-nilai Islam. Demikian pula, pelajaran agama (aqidah, akhlaq, fiqh dan sirah/sejarah) tidak dilepaskan dalam konteks hidup dan kehidupan di alam.
• Jangkauan pendidikan, setiap kegiatan pengajaran harus megoptimalkan sisi pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Artinya, kegiatan belajar-mengajar bukan hanya menitikberatkan pada sisi pengetahuan saja, tapi juga harus sampai pada pembentukan sikap yang positif, yang didalamnya terkandung makna suka dan senang, serta mampu diterapkan atau dilakukan dalam amal perbuatan.
• Penyelenggaraan pendidikan, bahwa penyelenggaraan pendidikan Islam Terpadu mesti melibatkan peran orang tua dan masyarakat. Keterlibatan ini diwujudkan dalam rangka menciptakan konsistensi pola asuh asuh bagi anak didik yang diharapkan akan membantu mengoptimalkan tujuan pendidikan yang telah dicanangkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: