Oleh: Erna Febru Aries S. | 20 Juli 2010

Optimalisasi Pembelajaran Menuju Pendidikan Bertaraf Internasional

Pelaksanaan kurikulum dan proses pembelajaran
menggunakan asas-asas sebagai berikut:
1. Menggunakan kurikulum yang berlaku secara nasional dengan Mengadabtasi kurikulum sekolah di Negara lain.
2. Mengajarkan bahasa asing, terutama penggunaan bahasa Inggris, secara terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya
3. Menekankan keseimbangan aspek perkembangan anak meliputi aspek kognitif (intelektual), afektif (aspek sosial dan emosional), dan psikomotorik (aspek fisik).
4. Mengintegrasikan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) termasuk Emotional Intelligence dan Spiritual Intelligence ke dalam kurikulum.
5. Mengembangkan kurikulum terpadu yang berorientasi pada materi, kompetensi, nilai dan sikap serta prilaku (kepribadian ).
6. Mengarahkan siswa untuk mampu berpikir kritis, kreatif dan analitis , memiliki kemampuan belajar (learning how to learn) serta mampu mengambil keputusan dalam belajar.
Penyusunan kurikulum ini didasarkan prinsip ”Understanding by Design” yang menekankan pemahaman jangka panjang (”Enduring Understanding”). Pemahaman (Understanding) dilihat dari 6 aspek: Explain, Interpret, Apply, Perspective, Empathy, Self Knowledge.
7. Kurikulum tingkat satuan pendidikan dapat menggunakan sistem paket dan kredit semester.
8. Menekankan kemampuan pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) yang terintegrasi dalam setiap mata pelajaran.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: