Oleh: Erna Febru Aries S. | 5 Juli 2011

Asesmen dan Evaluasi dalam Pembelajaran

Asesmen dan evaluasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas pembelajaran secara keseluruhan. Dengan demikian, guru patut dibekali dengan keterampilan melakukan asesmen dan evaluasi sebagai ilmu yang mendukung tugasnya. Dalam hal ini, guru bertugas mengukur apakah siswa telah menguasai ilmu yang sudah dipelajari sesuai tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Proses evaluasi akan terlaksana secara tepat jika disertai dengan proses asesmen sebagai upaya mengungkap seberapa besar kendala yang dihadapi siswa.
Dalam buku ini diuraikan konsep, ilustrasi, dan contoh asesmen dan evaluasi guna menunjang pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran. Dipaparkan juga dengan jelas bagaimana cara dalam melakukan asesmen dan evaluasi. Buku ini sengaja disusun untuk memehuni kebutuhan para guru, dosen, dan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Melalui buku ini tugas asesmen dan evaluasi dapat dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan asesmen serta evaluasi dapat dikuasai dengan benar.
Disajikan pula langkah-langkah dalam merakit butir soal menjadi instrumen tes sehingga mampu mengembangkan tes yang benar-benar mengukur keterampilan sesuai dengan tujuan. Dilengkapi pula dengan teknik asesmen dan evaluasi beserta panduan pensekoran dan rubrik penilaiannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: